Delapan Aspek dalam Menciptakan Kultur Keluarga yang Sehat : Ritme (bag.2)

Tiga bagian dalam ritme termasuk pembuatan ritme bagi diri Anda sendiri (akan sangat sulit membuat ritme bagi anak dan keluarga, jika Anda sendiri tidak memiliki ritme terhadap segala urusan perhari, perminggu, perbulan bahkan pertahun!), ritme untuk seluruh anggota keluarga (termasuk binatang peliharan jika ada), dan ritme untuk hal-hal di dalam urusan rumah tangga.

Hari ini kita bahas dulu tentang ANDA. Banyak ibu yang mengatakan betapa susahnya membuat dan menerapkan sebuah ritme, mulai dari waktu menidurkan hingga pukul berapa mereka harus bangun.

Untuk bisa bangun dengan keadaan bugar dan mengatur keluarga Anda, istirahat sangat dibutuhkan. Tentu saja, hal ini tidak sesimpel mengatakannya. Terkadang di waktu malam kita lega ketika akhirnya ada waktu untuk ‘bernafas’, atau waktu untuk berdua dengan pasangan, dan sering terlambat bangun karena berurusan dengan hal-hal ini di malam hari : anak mengalami mimpi buruk dan tidak bisa tertidur kembali, balita yang tidurnya resah, atau bayi yang terbangun karena butuh disusui. Hal-hal tersebut yang mengakibatkan kita sulit untuk bangun esok paginya, jika akhirnya bangun kita pun langsung dihadapi dengan setumpuk¬† hal yang sudah antri untuk segera dikerjakan. Kemudian karena kita bangun terlambat – bersamaan dengan anak-anak bangun- kita akhirnya bahkan tidak sempat mengumpulkan ‘nyawa’ dan mengurus diri sendiri.

Yes, been there and done that ladies. Istirahat adalah jaminan terbaik kita untuk tetap ‘mawas dan waras’. Bangun lalu mulai menyiapkan diri kita, mulai dari mandi, atau anda lebih nyaman dengan mandi di malam hari agar paginya lebih banyak waktu untuk menyiapkan hal lain? apapun itu, yang penting adalah menyiapkan diri sendiri. Waktu untuk merawat diri harus kita selipkan diantara berbagai hal lainnya dalam keseharian. Banyak teman saya yang sudah memiliki lebih dari 1 anak, dan menurut mereka itu sebuah kelebihan, ketika anak-anaknya bermain atau membantu satu sama lain, sehingga lebih mudah membuat ruang dan waktu untuk orang tua merawat dirinya. Jika anda punya pengalaman yang berbeda, tolong di-share ya. Saya senang mendengar perspektif lain tentang hal ini.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s